REINHARD MAYCHAELSON:
MENCARI KEMUNGKINAN

Prakarti melibatkan 5 pembuat film dari 5 kota di pulau Jawa. Masing-masing pembuat film akan menyajikan topik mengenai perubahan ilkim dan akibat yang masyarakat setempat rasakan. Salah satu dari 5 pembuat film tersebut adalah Reinhard Maychaelson. Rein yang lahir dan besar di Jakarta sadar akan dampak dari perbuatan manusia pada perubahan iklim.

“Karena saya berdomisili di Jakarta, saya akan mengangkat kisah yang terjadi di sekitar saya. Saya akan membuat film yang fun but bitter at the same time.” Jelas Rein pada obrolan Sabtu (16/7) lalu. “Untuk genre, film kali sedang saya coba untuk tidak diarahkan pada genre tertentu. Kalau bisa saya akan membuat film yang tidak hanya membuat orang tertawa dan berfikir, namun film yang membuat orang wondering kemungkinan-kemungkinan yang ada.”, tambahnya.

Saat ditanya apa yang membuat Rein tertarik bergabung dengan proyek Prakarti ini, Rein berkata; “Visinya jelas.” jawabnya dengan singkat. Menurut Rein proyek ini memiliki visi dan misi yang jelas, yaitu untuk menyebarkan motivasi kepada masyarakat atas apa yang dapat kita lakukan bersama untuk memerangi akibat-akibat dari perubahan iklim. Tidak hanya itu, Rein juga merasa proses untuk mencapai gol tersebut sudah tertata dari awal.

“Dari awal visinya saja sudah jelas, bahkan hingga distribusi dan target penontonnya. Kerjasama juga terkoordinir dengan lancar, baik dengan pihak Kedutaan Jerman, pembuat film, dan pihak-pihak lainnya. Ditambah lagi, proyek ini melibatkan 5 pembuat film dari 5 kota berbeda dengan latar belakang berbeda pula. Menarik sekali.” Tambahnya, menjelaskan kertetarikannya bergabung dengan proyek Prakarti.

Saat ini Rein dan keempat pembuat film lain sedang dalam tahap penulisan naskah. Naskah draft 1 yang mereka buat dicek oleh Script Supervisor dan pihak Kedutaan Jerman, sehingga visi yang sudah ditetapkan bersama akan tercapai. Mari kita tunggu hasil proyek Prakarti ini.